Judul Buku : Sales dan Marketing
Penulis : Scott L. Girard, Jr., Michael F.
O’Keefe, dan Marc A. Price
Penerbit : Metagraf, Solo
Cetakan : I, November 2014
Tebal : xii + 228 halaman
ISBN : 978-602-9212-74-7
Penjualan dan pemasaran suatu
produk, ibarat dua sisi mata uang. Artinya keduanya saling berkaitan dan tak
mungkin dapat dipisahkan. Ya, penjualan dan pemasaran merupakan dua elemen yang
saling memengaruhi dalam dunia bisnis. Melalui marketing, kita akan mendapat
gambaran jelas dan detail mengenai target pasar yang akan kita bidik. Dengan
target pasar yang jelas, maka target dan arah pemasaran pun dapat ditentukan.
Pemasaran merupakan aktivitas yang
dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan meyakinkan calon konsumen agar mau membeli
produk yang kita ciptakan. Proses pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai
cara. Namun ada beberapa hal yang penting dilakukan sebelum proses pemasaran
tersebut dilakukan. Misalnya, berusaha menemukan jenis barang atau jasa yang
dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang potensial, menentukan harga yang layak,
nama yang efektif, kemasan serta merek dagang yang menarik, dan lain sebagainya
(hal 7-9).
Biasanya, para pebisnis memiliki
banyak ide sehingga mereka tak mempunyai waktu untuk memikirkan prioritas dan
perencanaan yang realistis. Ada beberapa tips yang bisa membantu kita untuk
tetap berada pada jalur yang benar saat merencanakan pemasaran. Di antaranya, membuat
kerja sama dengan orang-orang yang dapat mendukung usaha kita, menciptakan
jaringan pemasaran yang kuat, menerapkan sistem pemasaran yang menarik bukan
pemasaran yang sifatnya memaksa, mempelajari para kompetitor kita, dan
lain-lain (hal 16-22).
Banyak orang atau perusahaan
mengabaikan hal-hal mendasar dalam cara mereka menjual dan mengembangkan
bisnis. Mereka lupa bahwa hal-hal mendasar selalu menjadi fondasi untuk menuju
sukses. Beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam penjualan antara
lain melakukan pendekatan, melihat atau melakukan penelitian, mendengarkan,
mempresentasikan, melakukan tindak lanjut, dan masih banyak lainnya yang akan
diulas lebih lanjut dalam buku ini.
Melakukan pendekatan, artinya kita
berusaha menghampiri para calon pembeli untuk mempromosikan apa yang ingin kita
jual. Lupakan semua database yang rumit untuk sementara. Perkenalkan
diri kita pada orang-orang di warung kopi, di pusat-pusat kebugaran, atau
tempat-tempat memungkinkan lainnya. Jangan lupa, banyak di antara kita yang
memiliki tetangga tapi belum pernah kita kunjungi. Luangkan waktu untuk
berkenalan dengan mereka.
Selanjutnya, lakukan penelitian
sederhana setiap hari. Pelajari tren pasar terbaru. Bacalah berita-berita
mengenai industri yang tengah berkembang. Media internet bisa diandalkan untuk
dijadikan sumber informasi, statistik, berita mengenai peluncuran produk,
ataupun layanan yang berkaitan dengan bisnis kita. Internet juga dapat
dijadikan sebagai alat penelitian untuk menggali berbagai informasi tentang
hal-hal yang tengah diminati masyarakat luas (hal 45-46).
Selain itu, kita harus lebih banyak
mendengarkan apa yang dikatakan oleh para calon pembeli dan pelanggan kita,
tidak hanya mengenai produk atau layanan, tapi juga apa yang mereka katakan mengenai
industri bisnis yang tengah kita tekuni. Berilah mereka forum yang memberi
kesempatan untuk berbicara mengenai apa yang mereka lihat setiap hari, terutama
yang menurut mereka akan menguntungkan mereka. Forum seperti ini sangat
penting, sebab dapat membantu kita memahami kebutuhan-kebutuhan mereka.
Banyak orang menemui kesulitan untuk
menindaklanjuti penjualan dan pengembangan bisnis. Banyak di antaranya terlalu
malas dan takut untuk melakukannya. Sementara sebagian yang lain, terkadang
terlalu berlebihan dalam menyambut pelanggan dengan memberikan terlalu banyak
pelayanan. Kuncinya adalah melihat serta mendengarkan untuk mempelajari
bagaimana dan seberapa sering para pelanggan mau didekati. Jika kita dapat
melakukan tindak lanjut secara tepat, maka usaha kita akan menuai hasil
memuaskan, dan kita dapat melayani pelanggan baru yang akan merasa puas dengan
pelayanan yang kita berikan (hal 47-48).
Buku ini bagus dan layak dijadikan
sumber referensi bagi para pebisnis dan pemilik perusahaan, terlebih di tengah
persaingan bisnis dunia yang semakin hari semakin kompetitif.
***
*resensi ini pernah dimuat di koran Jateng Pos 26 April 2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar