Senin, Mei 18, 2015

Strategi Menjadi Marketer Andal



Judul Buku      : Sales dan Marketing
Penulis             : Scott L. Girard, Jr., Michael F. O’Keefe, dan Marc A. Price
Penerbit           : Metagraf, Solo
Cetakan           : I, November 2014
Tebal               : xii + 228 halaman
ISBN               : 978-602-9212-74-7

            Penjualan dan pemasaran suatu produk, ibarat dua sisi mata uang. Artinya keduanya saling berkaitan dan tak mungkin dapat dipisahkan. Ya, penjualan dan pemasaran merupakan dua elemen yang saling memengaruhi dalam dunia bisnis. Melalui marketing, kita akan mendapat gambaran jelas dan detail mengenai target pasar yang akan kita bidik. Dengan target pasar yang jelas, maka target dan arah pemasaran pun dapat ditentukan.
            Pemasaran merupakan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan meyakinkan calon konsumen agar mau membeli produk yang kita ciptakan. Proses pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun ada beberapa hal yang penting dilakukan sebelum proses pemasaran tersebut dilakukan. Misalnya, berusaha menemukan jenis barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang potensial, menentukan harga yang layak, nama yang efektif, kemasan serta merek dagang yang menarik, dan lain sebagainya (hal 7-9).
            Biasanya, para pebisnis memiliki banyak ide sehingga mereka tak mempunyai waktu untuk memikirkan prioritas dan perencanaan yang realistis. Ada beberapa tips yang bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalur yang benar saat merencanakan pemasaran. Di antaranya, membuat kerja sama dengan orang-orang yang dapat mendukung usaha kita, menciptakan jaringan pemasaran yang kuat, menerapkan sistem pemasaran yang menarik bukan pemasaran yang sifatnya memaksa, mempelajari para kompetitor kita, dan lain-lain (hal 16-22).
            Banyak orang atau perusahaan mengabaikan hal-hal mendasar dalam cara mereka menjual dan mengembangkan bisnis. Mereka lupa bahwa hal-hal mendasar selalu menjadi fondasi untuk menuju sukses. Beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam penjualan antara lain melakukan pendekatan, melihat atau melakukan penelitian, mendengarkan, mempresentasikan, melakukan tindak lanjut, dan masih banyak lainnya yang akan diulas lebih lanjut dalam buku ini.
            Melakukan pendekatan, artinya kita berusaha menghampiri para calon pembeli untuk mempromosikan apa yang ingin kita jual. Lupakan semua database yang rumit untuk sementara. Perkenalkan diri kita pada orang-orang di warung kopi, di pusat-pusat kebugaran, atau tempat-tempat memungkinkan lainnya. Jangan lupa, banyak di antara kita yang memiliki tetangga tapi belum pernah kita kunjungi. Luangkan waktu untuk berkenalan dengan mereka.
            Selanjutnya, lakukan penelitian sederhana setiap hari. Pelajari tren pasar terbaru. Bacalah berita-berita mengenai industri yang tengah berkembang. Media internet bisa diandalkan untuk dijadikan sumber informasi, statistik, berita mengenai peluncuran produk, ataupun layanan yang berkaitan dengan bisnis kita. Internet juga dapat dijadikan sebagai alat penelitian untuk menggali berbagai informasi tentang hal-hal yang tengah diminati masyarakat luas (hal 45-46).
            Selain itu, kita harus lebih banyak mendengarkan apa yang dikatakan oleh para calon pembeli dan pelanggan kita, tidak hanya mengenai produk atau layanan, tapi juga apa yang mereka katakan mengenai industri bisnis yang tengah kita tekuni. Berilah mereka forum yang memberi kesempatan untuk berbicara mengenai apa yang mereka lihat setiap hari, terutama yang menurut mereka akan menguntungkan mereka. Forum seperti ini sangat penting, sebab dapat membantu kita memahami kebutuhan-kebutuhan mereka.
            Banyak orang menemui kesulitan untuk menindaklanjuti penjualan dan pengembangan bisnis. Banyak di antaranya terlalu malas dan takut untuk melakukannya. Sementara sebagian yang lain, terkadang terlalu berlebihan dalam menyambut pelanggan dengan memberikan terlalu banyak pelayanan. Kuncinya adalah melihat serta mendengarkan untuk mempelajari bagaimana dan seberapa sering para pelanggan mau didekati. Jika kita dapat melakukan tindak lanjut secara tepat, maka usaha kita akan menuai hasil memuaskan, dan kita dapat melayani pelanggan baru yang akan merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan (hal 47-48).
            Buku ini bagus dan layak dijadikan sumber referensi bagi para pebisnis dan pemilik perusahaan, terlebih di tengah persaingan bisnis dunia yang semakin hari semakin kompetitif.
***
*resensi ini pernah dimuat di koran Jateng Pos 26 April 2015.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar